Coach Ardiles Ikut Kursus Lisensi A PSSI Diploma

September 28, 2022
Ardiles Yeyen Mundari

Sejak Senin, 26 September 2022, pelatih kepala Papua Football Academy, Ardiles Rumbiak, punya kesibukan lain. Ia tidak lagi mendampingi para pemain di Mimika Sport Complex, tapi hanya untuk sementara.

Ardiles Rumbiak saat ini mengikuti kursus “Lisensi A PSSI Diploma” yang digelar Federasi Sepak Bola Indonesia di kawasan Serpong Banten.

“Saya bersyukur dapat menambah ilmu kepelatihan sepak bola. Semua ilmu yg saya dapat harus berguna bagi anak-anak Papua Football Academy,” ujar Ardiles.

Saat ini, PSSI tidak hanya fokus pada kompetisi dan tim nasional. Melalui Departemen Teknik PSSI yang dikomandoi coach Indra Sjafri, ada upaya untuk meningkatkan kinerja pelatih sepak bola di Indonesia.

Juga menambah jumlah pelatih sepak bola berlisensi sesuai kebutuhan, baik di kompetisi maupun pembinaan di akar rumput.

“Tak akan ada pemain hebat, tanpa dilatih oleh pelatih hebat.” Begitu semboyan dalam upaya meningkatkan kualitas pelatih sepak bola di Tanah Air.

Maka, selain meningkatkan jumlah pelatih yang berlisensi D, C, B hingga A, tentu harus juga meningkatkan kualitas pelatihnya

“Kehadiran Ardiles sebagai salah satu peserta PSSI A Diploma kali Ini tentu akan membantu jumlah pelatih berlisensi A di Tanah Papua yang jumlahnya masih minim,” ujar Yeyen Tumena, mantan pemain timnas Indonesia dan salah satu instruktur kursus pelatih.

Dalam pendataan, pelatih yang berlisensi A PSSI Diploma dari Tanah Papua adalah Rully Nere, Pahala Hutajulu, Eduard Ivakdalam, Ricardo Salampessy, Thomas dan Toska dari sepak bola wanita.

Di kursus lisensi A ini, coach Ardiles akan dapat meningkatkan kemampuannya dalam banyak hal, seperti:
1. Bagaimana meningkatkan performa pemain (teknik, taktik, fisik, hingga mental).
2. Kualitas analisa permainan.
3. Administrasi laporan, presentasi, dll.
4. Coaching philosophy permainan berbagai macam pelatih.
5. Keilmuan lain dari Ilmu sepakbola (law of the game, penjaga gawang, fitnes, medis, psikologi, hingga komunikasi)

“Tentu kita berharap Ardiles dapat membangun sepak bola Papua, termasuk melalui PFA,” kata Yeyen lagi.

Selamat belajar ilmu kepelatihan, coach Ardiles!

TERTARIK UNTUK JOIN PAPUA FOOTBALL ACADEMY?

Papua Football Academy

Papua Football Academy adalah wadah bagi putra Papua untuk menimba ilmu sepak bola dan pendidikan formal yang mempersiapkan siswanya menjadi individu yang kompetitif, kreatif, dan berdaya saing.

Schedule

September 2022
MTWTFSS
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930 

All contents © copyright Papua Football Academy. All rights reserved.