Pencegahan Cedera dan Memperkuat Otot

September 30, 2022
DSC09096

Otot merupakan jaringan dalam tubuh yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Dalam segala jenis olahraga, otot menjadi bagian penting.

Di pendidikan berasrama, Papua Football Academy (PFA) sangat memerhatikan perkembangan fisik tiap pemain, termasuk otot.

Di Stadion Mimika Sport Complex (MSC), Papua, para pemain PFA diberikan materi pencegahan cedera sebelum berlatih sepak bola. Tujuannya adalah untuk memperkuat otot, keseimbangan tubuh, hingga power atau daya ledak otot pemain yang berguna dalam menunjang permainan sepak bola.

“Daya ledak otot yang dimaksud adalah untuk kecepatan lari maupun lompat saat permainan di lapangan” begitu penjelasan pelatih fisik PFA, Hugo Oceano.

Terdapat beberapa jenis materi yang diberikan kepada para pemain PFA, meliputi; plank, side plank, hamstring, squat with toe raise, one leg standing, dan vertical jump. Materi tersebut mengacu pada kurikulum FIFA 11+ pada level pemula untuk usia pemain 12-14 tahun.

Plank dan side plank dilakukan sebanyak 3 set x 20 detik yang berfungsi untuk memperkuat otot bahu, otot perut, dan punggung.

Lalu, untuk teknik hamstring dibutuhkan bantuan guna menahan kaki. Teknik ini dilakukan dengan menahan badan agar tidak terjatuh. Pada teknik ini dilakukan sebanyak 5x tiap pemain.

Kemudian ada teknik squat with toe raise atau squat dengan berjinjit dan one leg standing atau berdiri dengan satu kaki. Hal ini berguna untuk melatih otot paha dan juga keseimbangan tubuh. Teknik ini dilakukan 2 set x 20 detik oleh tiap pemain.

TERTARIK UNTUK JOIN PAPUA FOOTBALL ACADEMY?

Papua Football Academy

Papua Football Academy adalah wadah bagi putra Papua untuk menimba ilmu sepak bola dan pendidikan formal yang mempersiapkan siswanya menjadi individu yang kompetitif, kreatif, dan berdaya saing.

Schedule

September 2022
MTWTFSS
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930 

All contents © copyright Papua Football Academy. All rights reserved.