Kata Rully Nere, Kekalahan Itu Diperlukan

November 8, 2022
WhatsApp Image 2022-11-02 at 7.44.22 AM

Selama 10 hari di Bali sejak 28 Oktober hingga 6 November 2022, Papua Football Academy (PFA) melakoni 4 laga uji coba melawan tim setempat. Hasilnya adalah sekali menang, sekali imbang, dan dua kali menelan kekalahan.

Kemenangan didapat Papua Football Academy atas SSB Yoga Perkanthi. Hasilnya (5-3). Hasil imbang diperoleh saat mencoba kemampuan Bintang Bali FC (0-0).

Dua kekalahan PFA diderita dari Pespa Padang Sambian (0-1) dan Bali United U14 (0-3).

“Kedatangan Papua Football Academy ke Bali sangat bagus. Para pemain PFA butuh suasana baru dan lawan latih tanding yang berkualitas. Selama di Bali, saya melihat mereka belajar dengan lingkungan dan budaya baru serta berbagai karakter orang yang jarang dijumpai di Papua. Hal ini bagus buat perkembangan karakter mereka,” kata Rully Nere, legenda sepak bola nasional asal Papua yang juga menjadi penasihat PFA.

Menurut Rully, setelah berlatih 3 bulan di Timika, anak-anak PFA butuh lawan uji coba yang lebih kuat. “Bukan untuk mencari menang, melainkan bagaimana mempraktekkan apa yang didapat selama mereka berlatih,” ucapnya.

Mantan pemain tim nasional Indonesia yang ngetop di era 1980-an ini tidak terlalu memikirkan dua kekalahan yang didapat PFA, termasuk skor 0-3 di laga terakhir.

“Kekalahan 0-3 dari Bali United U14 saya anggap bagus sebagai bahan introspeksi diri para pemain bahwa masih banyak yang harus mereka pelajari. Tak boleh ada kata puas,” kata Rully yang pernah menjadi pelatih tim nasional putri Indonesia.

TERTARIK UNTUK JOIN PAPUA FOOTBALL ACADEMY?

All contents © copyright Papua Football Academy. All rights reserved.