Siswa Papua Football Academy Dipersiapkan untuk Tampil di EPA

July 2, 2022
Rully Nere

Papua Football Academy telah selesai menggelar kegiatan cari bakat di tiga kota, TImika, Merauke, dan Jayapura. Pada Juli 2022, sebanyak 30 putra Papua akan mulai menjalani kehidupan berasrama.

Usai tes bakat bermain sepak bola, para peserta yang lolos dari “Papua Football Academy Cari Bakat” harus mengikuti tes psikologi, sidik jari, dan tes kesehatan untuk menjadi bahan pertimbangan para tim pelatih memilih siapa 30 putra Papua yang akan menjadi siswa tahun pertama PFA.

Peserta Papua Football Academy (PFA) adalah mereka yang lahir pada 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2009 dan saat mengikuti seleksi berada di kelas VII SMP.

“Dengan menjalani pelatihan dan sekolah di Papua Football Academy selama 2 tahun, mereka yang selesai berlatih bersama kami punya peluang bermain di Elite Pro Academy,” ujar Wolfgang Pikal, Direktur Teknik PFA.

Elite Pro Academy adalah sistem liga kelompok usia yang berada dalam pengelolaan PSSI sebagai federasi sepak bola di Indonesia.

Pada tahun 2018, kompetisi ini untuk pertama kali diselenggarakan dengan kategori usia U-16 dengan pesertanya klub Liga 1 dan digelar bersamaan dengan kompetisi tertinggi di Indonesia itu. Kemudian, EPA bergerak ke kelompok usia U-18. Belakangan, PSSI bahkan mencanangkan EPA U-14 dan klub Liga 2 mengikuti EPA U-18.

Apakah semua jebolan Papua Football Academy akan bermain di Elite Pro Academy?

“Tentu para pelatih di PFA mempersiapkan semua siswa menjadi pemain sepak bola sesuai impian mereka. Namun, semua kembali ke klub yang akan mempergunakan jasa mereka,” ujar Rully Nerre, legenda sepak bola Indonesia asal Papua yang menjadi penasihat PFA.

Rully menjelaskan, PFA adalah ajang pembinaan sepak bola usia muda bagi putra-putra Papua. PFA bertujuan melahirkan pesepak bola berkualitas untuk klub maupun tim nasional Indonesia.

“Kita harus bersyukur karena memiliki Papua Football Academy yang merupakan inisiasi dan salah satu komitmen investasi sosial PT Freeport Indonesia untuk membantu mengembangkan sumber daya sepak bola Papua,” ucap Rully Nere.

TERTARIK UNTUK JOIN PAPUA FOOTBALL ACADEMY?

Papua Football Academy

Papua Football Academy adalah wadah bagi putra Papua untuk menimba ilmu sepak bola dan pendidikan formal yang mempersiapkan siswanya menjadi individu yang kompetitif, kreatif, dan berdaya saing.

Schedule

July 2022
MTWTFSS
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

All contents © copyright Papua Football Academy. All rights reserved.