Berlatih Sepak Bola Bukan Hanya tentang Mencetak Gol

October 27, 2022
DSC02858

Permainan sepak bola tidak hanya tentang mencetak gol. Ada banyak hal yang harus dipelajari dan diterapkan di lapangan bola.

Salah satu materi yang diajarkan oleh tim pelatih Papua Football Academy adalah tentang defending alias bertahan. Materi ini sangat penting guna melindungi tim dari serangan lawan.

Proses latihan ini dilakukan secara bertahap. Berawal dari 2 pemain saling mengoper bola, kemudian salah satu pemain bertugas untuk membayang-bayangi pemain lain yang membawa bola. Hal ini menjadi tahap awal sekaligus sesi pemanasan.

Dari pemanasan kemudian dikembangkan ke tahap selanjutnya. Penerapan materi dilakukan  dengan 1 vs 1 antara dua pemain yang saling berlawanan. Pemain satu menjadi penyerang dengan membawa bola, sedangkan pemain bertahan berusaha merebut bola.

Setelah 1 vs 1, dikembangkan lagi menjadi 2 vs 2 dengan materi latihan yang sama.

Pemain penyerang berusaha mencetak gol ke gawang pemain bertahan dari cone yang terpasang, begitu pula pemain bertahan diminta untuk merebut bola dan membuang bola maupun mampu untuk mencetak gol ke gawang pemain penyerang.

“Saat penyerang lengah membawa bola, hal itu menjadi kesempatan kalian untuk merebut bola,” kata coach Kelly Pepuho saat memberikan arahan kepada para pemain PFA.

Pada materi ini, pelatih menekankan posisi bertahan dari serangan lawan.

TERTARIK UNTUK JOIN PAPUA FOOTBALL ACADEMY?

All contents © copyright Papua Football Academy. All rights reserved.