Siswa PFA Pulang Liburan Natal dan Tahun Baru

December 14, 2022
WhatsApp Image 2022-12-11 at 8.19.20 PM

Sabtu, 10 Desember 2022, siswa Papua Football Academy (PFA) yang disponsori PT Freeport Indonesia secara resmi meninggalkan Mimika Sport Complex (MSC), Timika, untuk menjalani liburan Natal dan Tahun Baru. Selain 11 siswa asal Timika dan Aroanop di Pengunungan Tinggi Kab. Mimika., para pemain lain diterbangkan ke Jayapura, Merauke, dan Nabire dengan pendampingan para pelatih PFA.

Bila rekan-rekannya asal Merauke, Jayapura, dan Nabire pulang dengan menggunakan alat transportasi udara, dua siswa PFA dengan tujuan Aroanop menempuh perjalanan darat selama 2,5 jam ke Tembagapura. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati hutan, gunung, dan lembah selama sekitar 18 jam untuk bertemu kembali dengan keluarga tercinta.

Tak hanya mengembalikan siswa PFA kembali ke keluarga masing-masing, para pelatih juga menggelar pertemuan dengan orang tua dan wali siswa. Mereka diberi penjelasan secara rinci perkembangan anak selama berada di PFA.

“Kami sangat bangga dan bahagia melihat anak-anak dari berbagai daerah bisa saling menyayangi satu sama lain di PFA. Terima kasih kepada pelatih dan pengurus PFA yang telah mengajarkan anak-anak kami agar menjadi pribadi yang lebih baik,” kata Onamon Womssiwor, ayah K. Womsiwor asal Timika.

Bertempat di Hotel Horison Express, Jayapura, pada Sabtu sore (10/12/2022), coach Melky Papare bertugas untuk menjelaskan kemajuan siswa kepada pihak keluarga dari 8 pemain asal Jayapura.

Pada kesempatan itu, para pemain juga diminta menceritakan sendiri pengalaman mereka selama menjalani kehidupan di Mimika Sport Complex bersama PFA.

“Anak-anak harus bisa berkomunikasi dengan baik untuk menceritakan apa yang mereka alami kepada keluarganya. Jadi, orang tua tidak hanya mendengar dari pihak pelatih atau pengurus PFA,” ucap coach Melky.

“Saya senang melihat perubahan Rasul. Dia sudah berani tampil dan berbicara di depan orang banyak,” ucap Lesira Wonda, ibu dari R.M. Wonda.

Di Merauke, coach Kelly Pepuho bertugas mendampingi kepulangan 9 siswa PFA dan bertemu dengan pihak keluarga di Careinn Hotel pada Minggu siang (11/12).

“Pihak keluarga menyampaikan terima kasih kepada PFA dan PT Freeport Indonesia. Mereka terharu melihat perkembangan anak-anak selama berlatih di PFA,” ujar coach Kelly.

Selain asal Timika, Jayapura, dan Merauke, dua pemain PFA kembali ke Nabire didampingi pelatih kiper, Irsadul Anam. Bertempat di Hotel Nusantara, Sabtu siang (10/12), coach Anam bertemu dengan keluarga M. Madai dan Y. Pigay untuk menjelaskan perkembangan kedua pemain PFA ini.

Guna menjaga hasil latihan yang dijalani di MSC, selama berlibur bersama keluarga anak-anak PFA dibekali program latihan fisik untuk rutin dijalankan dan ditemani pelatih secara online.

“Saya sangat senang melihat perkembangan mereka sejak awal memulai latihan, baik secara teknik dan taktik sepak bola, serta mental. Kemajuan ini harus terus dijaga walau anak-anak kembali kepada keluarganya untuk berlibur Natal dan Tahun Baru. Mereka kita kasih program agar tetap berlatih di rumah. Selama 6 kali seminggu mereka akan menjalani latihan fisik dipandu secara online,” kata Wolfgang Pikal, Direktur PFA.

Tak lupa, coach Wolfgang berterima kasih kepada Dinas Pendidikan Mimika yang selama ini telah membantu pendidikan formal anak-anak PFA melalui model homeschooling di Mimika Sport Complex.

Diharapkan, ketika para pemain kembali ke Mimika Sport Complex pada minggu pertama Januari 2023, mereka tetap dalam kondisi dan kebugaran yang tidak jauh berbeda ketika meninggalkan markas Papua Football Academy ini.

TERTARIK UNTUK JOIN PAPUA FOOTBALL ACADEMY?

Papua Football Academy

Papua Football Academy adalah wadah bagi putra Papua untuk menimba ilmu sepak bola dan pendidikan formal yang mempersiapkan siswanya menjadi individu yang kompetitif, kreatif, dan berdaya saing.

Schedule

December 2022
MTWTFSS
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 

All contents © copyright Papua Football Academy. All rights reserved.