Ardiles: “Mengubah Cara Berpikir Anak Papua Lewat Sepak Bola”

March 19, 2023
Ardiles Rumbiak 3

Pelatih sepak bola yang baik sangat berperan dalam melahirkan pemain sepak bola yang baik. Karena itu, Papua Football Academy memberikan perhatian pada kualitas tim pelatih yang dimiliki.

Kehadiran pelatih sungguh besar dalam upaya membangun sepak bola yang berkualitas menuju prestasi. Perkembangan ilmu sepak bola yang dinamis membutuhkan pelatih yang perlu meningkatkan ilmu kepelatihannya.

Pelatih Kepala Papua Football Academy, Ardiles Rumbiak, kini resmi mengantongi Lisensi A PSSI Diploma setelah mengikuti kursus selama 3 bulan sejak 26 September 2022. Berikut sepenggal isi pemikirannya.

 

Apa arti lisensi A PSSI Diploma bagi Anda?

Bagi saya, lisensi A ini merupakan persyaratan sertifikasi kepelatihan sepak bola Indonesia yang diwajibkan oleh PSSI dan diakui oleh induk federasi sepak bola tertinggi di dunia, FIFA.
Belajar kepemimpinan alias leadership sangat menonjol saat saya mengikuti kursus lisensi A ini. Pelatih dituntut untuk membentuk tim yang solid sesuai dengan perkembangan sepak bola modern saat ini dan masa yang akan datang.

Bagaimana proses sehingga Anda bisa mengikuti kursus Lisensi A PSSI Diploma?

Puji Tuhan, saya dipanggil oleh PSSI untuk meng-upgrade sertifikasi kepelatihan. Saya dipertemukan dengan tim kerja yang baik, didukung penuh oleh manajemen PT Freeport Indonesia untuk mengikuti kursus ini.

Ada tantangan tersendiri dalam menjalani kursus di Serpong, Banten?

Tantangannya adalah kegiatan pembelajaran teori dan praktek yang sangat padat, disertai dengan tugas-tugas individu dna kelompok. Sehingga, peserta kursus harus cermat dan disiplin dalam membagi waktu.

Dalam karier kepelatihan, apa target Anda selanjutnya?
Sebagai pelatih, target saya ingin mengubah mindset atau cara berpikir anak-anak Papua lewat sepak bola.
Dan, jika Tuhan berkenan, saya memiliki keinginan untuk melanjutkan ke Lisensi A Pro. Ada impian untuk melatih tim di luar negeri.

TERTARIK UNTUK JOIN PAPUA FOOTBALL ACADEMY?

All contents © copyright Papua Football Academy. All rights reserved.