PFA Cari Bakat 2023 Menyelesaikan Misinya di Serui

May 30, 2023

Serui menjadi lokasi keenam yang menyelesaikan PFA Cari Bakat 2023. Berlokasi di Stadion Marora pada 27-29 Mei 2023, ratusan putra Papua bersemangat dan bersaing untuk dapat menjadi siswa Papua Football Academy (PFA), akademi sepak bola yang didukung penuh oleh PT Freeport Indonesia.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya mendatangi 3 lokasi, kegiatan PFA Cari Bakat 2023 digelar di 7 wilayah meliputi 8 kabupaten/kota dan 3 provinsi, yakni Provinsi Papua, Papua Tengah, dan Papua Selatan. Tujuh titik PFA Cari Bakat 2023 adalah: Timika, Jayapura, Nabire, Merauke, Waropen, Serui, dan Biak Numfor.

Sebanyak 175 putra dari Kabupaten Kepulauan Yapen, Serui, menggenapi total peserta PFA Cari Bakat di 6 kota menjadi 1.234. Sebelum Serui, PFA Cari Bakat Timika diikuti oleh 173 peserta, Jayapura (224), Nabire (180), Merauke (180), dan Waropen (202).

Meskipun seleksi PFA Cari Bakat 2023 merupakan hal yang baru di daerah dengan julukan “Kota Kembang” ini, sambutan dan antusias masyarakat luar biasa.

“Puji Tuhan, hari ketiga di Serui telah selesai. Mewakili tim PFA Cari Bakat saya mengucapkan terima kasih karena kami sudah disambut dan diterima dengan baik di Serui. Karena peran masyarakat Serui-lah, PFA Cari Bakat berjalan dengan baik hingga selesai,” ujar Ardiles Rumbiak, pelatih kepala PFA.

Menurut Ardiles, antusiasme anak-anak dan orang tua di Serui sangat baik. “Mereka bahkan menyampaikan harapan agar PFA datang lagi tahun depan,” tutur mantan pemain Persipura dan timnas Indonesia ini.

Koordinator Panitia Pelaksana PFA Cari Bakat 2023 Serui, Hans Mamoribo, membenarkan antusiasme positif dari masyarakat Serui terkait kegiatan PFA Cari Bakat.

“Saya akui, adanya pencarian bakat yang diadakan oleh PT Freeport Indonesia dan PFA sangat berdampak pada pembinaan sepak bola usia dini di Serui. Buktinya, selama tiga hari peserta yang ikut sangat banyak karena punya motivasi dan niat yang tinggi dalam dunia sepak bola,” kata Hans.

Hans menyebut banyak orang tua yang ikut mengantarkan anak-anaknya yang berasal dari berbagai penjuru Serui untuk mengikuti PFA Cari Bakat.

Coach Ardiles memiliki harapan khusus bagi putra-putra Serui yang mengikuti PFA Cari Bakat, yakni membangun kepercayaan diri untuk bersaing di level yang lebih tinggi.

“Saya bersyukur banyak melihat bakat-bakat yang luar biasa di Serui. Semoga mereka yang nanti terpilih ke seleksi final di Jayapura bisa lebih meningkatkan kualitas, termasuk mental agar nanti bisa bersaing untuk masuk ke Papua Football Academy,” ucap Ardiles, pelatih yang sudah mengantongi Lisensi A PSSI Diploma.

Reaksi para orang tua di Serui pun tidak kalah menarik untuk disorot. Kesempatan bagi putra Serui untuk mengikuti PFA Cari Bakat dinilai sebagai peluang yang besar untuk mencapai cita-cita putra tercinta.

“Jika berhasil masuk PFA, semoga Robinho bisa berlatih dan membanggakan orang tuanya. Memang, cita-citanya mau bermain di luar negeri. Kalau Neymar bisa ditonton oleh semua orang, Robinho juga pasti bisa ditonton banyak orang,” kata Rifu Worabai, orang tua dari Robinho Raweyai.

Setelah Serui, PFA Cari Bakat 2023 akan dilaksanakan di Biak Numfor pada 1-3 Juni 2023 berlokasi di Stadion Cendrawasih.

Bagi putra Papua di Biak yang ingin mengikuti PFA Cari Bakat, jangan lupa membaca persyaratan secara lengkap yang dapat dilihat di Instagram PFA (instagram.com/papuafootballacademy) dan website Papua Football Academy (www.papuafootballacademy.com).

Papua Football Academy, dari Tanah Papua untuk Indonesia. – selesai ¬-

TERTARIK UNTUK JOIN PAPUA FOOTBALL ACADEMY?

All contents © copyright Papua Football Academy. All rights reserved.