PAPUA FOOTBALL ACADEMY COACHING CLINIC BERSAMA BVB LEGENDS

September 8, 2023
WhatsApp Image 2023-09-08 at 15.37.43 (1)

Jakarta, 8 September 2023 – Dalam rangka kedatangan tim Borussia Dortmund Legends ke Indonesia, PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berinisiasi mengadakan Coaching Clinic untuk siswa Papua Football Academy (PFA) yang datang ke Jakarta dengan jajaran legenda tim asal Jerman tersebut.

Sebagai bentuk komitmen dukungan tanpa henti yang diberikan untuk Papua Football Academy, PTFI berharap program coaching clinic ini bisa menjadi ajang peningkatan kualitas 30 talenta berbakat dari Papua. Selain itu, tentu program ini juga mengenalkan PFA bukan hanya untuk para pencinta sepak bola dalam negeri tetapi juga ke tingkat Internasional.

Diadakan di Stadion Madya Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelatihan dan motivasi latihan yang nantinya berguna untuk perkembangan siswa PFA dalam perjalanan meraih karier menjadi pesepak bola Internasional.

Ketiga legenda yang mengajar dalam program Coaching Clinic ini adalah Marcel Schmelzer, Jörg Heinrich, dan Paul Lambert. Melalui acara ini, siswa PFA diajarkan banyak teknik sepak bola yang baru sesuai standar Internasional dan motivasi untuk tetap semangat dalam menjalani latihan.

“Ini pertama kalinya saya bertemu dengan siswa Papua Football Academy. Saya tahu mereka banyak melewati perjuangan yang keras dan perjalanan yang tidak mudah bisa sampai ke titik ini, jadi saya sangat senang bertemu dengan mereka.” tutur Marcel Schmelzer secara eksklusif kepada PFA Media usai menjalani coaching clinic.

Selain BVB Legends, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir beserta jajarannya dan Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti Tukiman beserta tiga pemain Timnas Indonesia U-17, yakni Reno Salampessy, Ji Da Bin, dan putra asal Papua, Tonci Shouter Ramandei juga turut hadir dan memberikan semangat kepada PFA Boys, sapaan akrab siswa PFA.

Tidak hanya mendapatkan ilmu skill dan teknik sepak bola saja dari BVB Legends. Dalam kesempatan ini, Erick Thohir menyempatkan diri untuk memberikan masukan kepada PFA Boys terkait kesiapan mental yang harus dimiliki oleh seorang pesepak bola profesional.

“Selain harus latihan sepak bola yang rajin dan disiplin, pesepak bola profesional itu juga harus berani dikritik dan dicaci. Tapi, jadikan hal itu menjadi sebuah introspeksi diri. Jangan malah merenung, harus kuat!” seru Erick Thohir.

Bima Sakti turut menambahkan, “Disiplin itu penting bagi seorang pemain. Harus terus semangat latihan juga. Selain itu, jangan lupa berdoa dan beribadah.” tuturnya menambahkan.

Hadir sebagai perwakilan Papua di Timnas Indonesia U-17, putra dari pemain senior Persipura Jayapura Richardo Salampessy, yaitu Reno Salampessy juga ikut memberikan motivasi kepada para juniornya.

“Kalau sudah turun ke dunia sepak bola, itu harus kuat mentalnya. Jangan pantang menyerah dan jangan mudah tumbang dengan omongan orang lain.” ucap Reno.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan motivational talks session bersama Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti Tukiman dan tiga pemain Timnas Indonesia U-17, yakni Reno Salampessy, Ji Da Bin, dan Tonci Shouter Ramandei di hotel tempat siswa PFA menginap di daerah Pancoran, Jakarta.

 

 

TERTARIK UNTUK JOIN PAPUA FOOTBALL ACADEMY?

Papua Football Academy

Papua Football Academy adalah wadah bagi putra Papua untuk menimba ilmu sepak bola dan pendidikan formal yang mempersiapkan siswanya menjadi individu yang kompetitif, kreatif, dan berdaya saing.

Schedule

September 2023
MTWTFSS
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 

All contents © copyright Papua Football Academy. All rights reserved.